Cek Status Jaringan IndiHome


Media Akses (jaringan kabel), yang digunakan adalah serat optik. PT Telkom menggunakan teknologi GPON pada akses networknya untuk memberikan layanan ini. Sebagai terminasi optik disisi pelanggan adalah ONT (Optical Network Termination) 


Bagaimana melihat konfigurasi ONT saya ? 



Jika menggunakan ONT ZTE F660. [Petunjuk ini berlaku jika konfigurasi default]. Hubungkan laptop dengan ONT menggunakan kabel UTP di port LAN1. Setting IP Address secara automatic. Jika sudah mendapatkan IP Address DHCP dari ONT, buka browser kemudian, menuju F660, ketikkan 192.168.1.1, username : admin, password : admin. 

Cek Status Jaringan IndiHome


Jika menggunakan ONT Huawei HG8245A. [Petunjuk ini berlaku jika konfigurasi default]. Hubungkan laptop dengan ONT menggunakan kabel UTP di salah satu port LAN. Setting IP Address secara manual. Buka browser menuju HG8245A, ketikkan 192.168.100.1, username : telecomadmin, password : admintelecom.

Cek Status Jaringan IndiHome


Darimana saya tahu, jaringan fiber optik dirumah baik-baik saja ?

Pertama, lihat lampu / led pon pada ONT sudah menyala hijau solid, kemudian cek kondisi jaringan.

Cara cek kondisi jaringan akses, jika menggunakan ONT ZTE F660 , melalui menu : status - gpon info


Cek Status Jaringan IndiHome

Dari tampilan tersebut, cukup diperhatikan : authentication success dan optical module input power (dBm). Standard Teknologi yang digunakan adalah GPON Class B+, standard yang ditetapkan untuk optical module input power adalah -27 dBm sampai dengan -8 dBm. Dan Telkom menetapkan standard mimimunnya adalah -24 dBm. Artinya kita harus memperoleh nilai antara -8 dBm sampai dengan -24 dBm.


Cara cek kondisi jaringan akses, jika menggunakan ONT Huawei HG 8245A , melalui menu : status - optical information dan device information


Cek Status Jaringan IndiHome
Seperti yang dijelaskan diatas nilai yang diperhatikan adalah Rx Optical Power, terletak antara -24 dBm dan -8 dBm 

Cek Status Jaringan IndiHome



Pada status optical information, yang diperhatikan adalah ONT Registration Status : O5 (Operation State)

Apa akibatnya jika Rx Optical Power terlalu kecil ? 

Siap-siap mendapat problem atau layanan terkena gangguan. Maka dari itu, laporkan ke PT Telkom untuk mengatasinya. 

Jika Rx Optical Power di ONT saya, baik sesuai dengan standard, apakah menjamin bahwa layanan 3P saya juga baik-baik saja ? 
Tentu saja tidak . Karena masih ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi. Namun jika jaringan tidak baik, akan berakibat pada layanan karena semua layanan dilewatkan melalui jaringan tersebut. 
Maka dari itu, kita perlu mengenal produk yang kita beli. 

Comments

  1. terimakasih untuk informasi dan penjelasn nya.
    http://bit.ly/2RB7HPY

    BalasHapus