Thursday, January 28, 2016

Cara Cek Status Jaringan IndiHome Tembaga


Saya sering mendengar atau membaca bahwa : ketika pelanggan indihome yang mengeluhkan layanan useetvnya tidak bagus kualitasnya, seperti streaming patah-patah, error 1305, 1302 ataupun yang lain, tidak jarang , yang disalahkan adalah "Jaringan akses kabel tembaga". Kenyataannya , seburuk itukah si "tembaga" yang kita gunakan untuk sistem telekomunikasi ? 


Untuk membawa data, kabel tembaga pada jaringan akses sistem telekomunikasi dioptimalkan menggunakan teknologi xDSL. Dan teknologi ini mempunyai karakteristik khusus.


Cara Cek Status Jaringan IndiHome Tembaga



PT Telkom, pada awal tahun 2009 mengatur spesifikasi jaringan kabel tembaga untuk layanan broadband. Optimalisasi kabel tembaga ditambahkan perangkat dengan teknologi xDSL,  untuk perumahan (sekarang nama produknya : IndiHome ... dulunya Speedy), menggunakan ADSL2+. (Asymetric Digital Subscriber Line).  Untuk memenuhi kecepatan tertentu, dibutuhkan berbagai macam ketentuan diantaranya adalah Redaman kabel dan S/N (SNR) sebagaimana dalam tabel : Lampiran KR Nomor : KR. 02/000/COO=COO4100030/2009 Tanggal : 16 Maret 2009.

Parameter 'Redaman Kabel' dan 'S/N' sesuai aturan tersebut untuk Transmisi Asymetric (pengukuran 300 KHz) adalah sebagi berikut :


NoKecepatan
Downstream
Kecepatan
Upstream
Parameter ElectrisTeknologi
xDSL
Redaman
(Max)
S/N (Min)
1512 Kbps64 Kbps65 dB25 dBADSL/ADSL2+/VDSL2
21 Mbps512 Kbps56 dB26,1 dBADSL/ADSL2+/VDSL2
32 Mbps512 Kbps35 dB28,4 dBADSL/ADSL2+/VDSL2
44 Mbps1 Mbps30 dB33,4 dBADSL/ADSL2+/VDSL2
56 Mbps1 Mbps25 dB38,4 dBADSL/ADSL2+/VDSL2
610 Mbps1 Mbps20,7 dB39,6 dBADSL2+/VDSL2
720 Mbps1 Mbps15,8 dB44,6 dBADSL2+/VDSL2


Penjelasan : 

  • Asymetric : Kecepatan downstream dan kecepatan upstream tidak sama. Pada teknologi ADSL/ADSL2+, kecepatan downstrean lebih besar dari kecepatan upstream.
  • Redaman saluran (loss, attenuation) adalah besarnya daya sinyal yang hilang sepanjang saluran, dalam satuan dB. Redaman saluran tergantung pada panjang saluran dan frekuensi sinyal.
  • S/N (Sinyal to Noice Ratio, SNR) adalah perbandingan sinyal yang diterima dengan total noise disisi penerima, dalam satuan dB.


Cek Jaringan Akses melalui Home Gateway (Modem ADSL)

Jika IndiHome dirumah masih menggunakan kabel tembaga (ADSL2+) , kita bisa cek kondisi jaringan akses kita melalui menu status ADSL (tampilan dibawah menggunakan TP Link TD-W8951ND)


Cara Cek Status Jaringan IndiHome Tembaga


Kita bisa mengambil kesimpulan, apakah jaringan kabel tembaga dirumah baik atau buruk. Ukurannya berdasarkan spesifikasi diatas dibandingkan dengan paket langganan.

Dari status ADSL, kita bisa mendapatkan beberapa informasi, diantaranya seperti tampilan berikut :


Cara Cek Status Jaringan IndiHome Tembaga


Penjelasan 

  • ADSL Firmware Fersion : Versi Firmware
  • Line State : Status jaringan, Showtime menandakan terkoneksi antara MSAN/DSLAM dengan Home Gateway.
  • Modulation : Modulasi yang digunakan. Modulasi dan Annex yang disetting di MSAN/DSLAM dan Home Gateway ADSL2+ harus sama. Jika tidak, walaupun secara fisik, media sudah terhubung dengan baik, tetapi status jaringan  'down'. Indikasi di HG, lampu ADSL tidak bisa menyala.
  • Annex Mode : ANNEX-M diaktifkan jika dibutuhkan bandwidth upstream lebih dari 512 Kbps. Walaupun secara teknologi, Annex-A bisa mencapai kecepatan upstream maximal 1 Mbps namun pada implementasinya, dibutuhkan Annex-M. Secara teknologi, bandwidth upstream Annex-M bisa mencapai 3 Mbps, tapi dalam implementasi, dibatasi sampai dengan 2 Mbps.
  • SNR Margin : nilai ini seharusnya memenuhi spesifikasi sebagaimana tabel diatas.
  • Line Attenuation : nilai ini seharusnya memenuhi spesifikasi sebagaimana tabel diatas
  • Data Rate : nilai ini dibatasi ADSL Line Profile yang diset di MSAN/DSLAM dan kualitas jaringan antara MSAN/DSLAM dan Home Gateway. Dalam contoh ini, Data rate downstream yang diperoleh : 3584 Kbps dan Data rate upstream yang diperoleh adalah 1022 Kbps.
    Jika kita mempunyai dua layanan (useetv dan internet ), kita tidak tahu berapa alokasi untuk masing-masing layanan. Data rate ini , total untuk semua layanan.
    Dalam menentukan ADSL Line profile harus mempertimbangkan kondisi jaringan akses dan maksimum rate yang dicapai. Contoh : Max rate : 5684 Kbps maka ADSL Line profile tidak boleh di set 6 Mbps atau 6144 Kbps. Karena selain kecepatan ini tidak bisa dicapai, juga akan menurumkan SNR.
  • Max Rate (Attainable Rate): nilai ini dibatasi oleh kemampuan teknologi (ADSL2+) dan kualitas media (jaringan tembaga) antara MSAN/DSLAM dan Home Gateway. Pada contoh diatas , Maximum rate untuk downstream adalah 21744 Kbps dan Maximum rate untuk upstream adalah 2695 Kbps. Sehingga jika ingin menambah kecepatan internet menjadi 5 Mbps, masih memungkinkan.
Jadi, jika useetv kita tidak bisa hidup, putus-putus, sering error atau berlangganan internet 3 Mbps tapi hanya mendapatkan 384 Kbps .... Kesalahan belum tentu pada jaringan tembaga ....

Artikel Terkait

Cara Cek Status Jaringan IndiHome Tembaga
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 comments

August 12, 2017 at 7:24 PM delete

Sy pasang indihome kabel tembaga 5 Mbps yqng dibagi 1 Mbps u/usee tv, 1 Mbps u/tlp dan 3 Mbps u/internet tp nyatanya sy tes kecepatan internet dgn speedtest dari ocla kecepatannya hanya 2,3 - 2,4 Mbps..bgmn cranya supaya bisa tingkatkan kecepatannya jadi 3 Mbps? Tks..

Reply
avatar
May 22, 2018 at 5:02 PM delete

kalo indihome tembaga memang seperti itu pembagiannya pak

Reply
avatar