Cara Cek Status STB UseeTV

Hampir semua settingan yang digunakan sudah default di firmwarenya, kecuali pilihan DHCP (ada yang default ada yang tidak) dan input untuk username dan password 


Untuk melihat settingan pada STB, gunakan remote control STB, tekan set - kemudian inputkan password setting 6321 ,

Cara Cek Status STB UseeTV


Cek DHCP dan User UseeTV

Dari menu diatas, arahkan kursor ke OK dan tekan tombol OK pada remote STB.

akan muncul menu sebagai berikut :

Cara Cek Status STB UseeTV


Jika pilihan koneksi bukan di DHCP, maka akan terjadi 'error 1305', namun error 1305 ini, tidak hanya disebabkan oleh setting STB saja. rekening adalah username useetv dan kata sandi adalah password useetv. username useetv bisa sama dengan username internet, bisa juga berbeda. Jika ingin mengetahui username dan password, tanyakan kepada petugas. Jika username atau password salah, maka akan diminta untuk menginputkan kembali atau terdapat komentar bahwa authentication error dan tentu saja, kita tidak bisa menikmati useetv

Password useetv juga digunakan default password 'parental control'.

Cek IP Address STB

Dengan Mengetahui IP Address STB, kita dapat memprediksi status koneksi useetv. Untuk men-cek IP address STB kita lihat pada menu info jaringan : dari tampilan diatas diatas pilih 'tingkat lanjut' - 'sistem informasi'
Cara Cek Status STB UseeTV

kemudian 'info jaringan'.
Cara Cek Status STB UseeTV


Apakah sudah mendapatkan IP Address 10.x.x.x ?, seperti contoh diatas mendapatkan IP Address (Alamat IP) : 10.42.143.244 , jika iya .... masih ada harapan kalo useetv tidak bermasalah. Dan seharusnya tidak muncul 'error 1305'. Jika, kita kembali, muncul error 1305, kemungkinan koneksi terputus namun IP address masih tergenggam.

Setelah STB mendapat IP Address belum menjamin 'layanan bisa ditonton dengan nyaman, karena bisa terjadi error yang lain, misalnya 4604, 4514 atau 12.

Jika IP Address STB : 192.168.1.12, merupakan default IP address STB UseeTV. IP address ini diperoleh dari dirinya sendiri. Coba dulu cek kabel atau lokasi port LAN.

Kemungkinan lain, STB mendapatkan IP Address 192.168.1.2 atau 192.168.1.x tetapi x bukan 12. Penyebabnya adalah STB mendapat IP Address dari DHCP ONT atau Home Gateway. Bisa juga mendapat IP Address yang lain tergantung pada IP Address ONT atau Home Gateway.
Untuk layanan UseeTv, ONT berfungsi sebagai bridge dan settingan DHCP pada ONT untuk port LAN yang dikoneksikan dengan STB (UseeTV) harus disable. Pada ONT ZTE F660, settingan ini dilakukan melalui OLT (backroom Telkom).


Cek Setting Gambar

STB yang dipinjamkan oleh Telkom, ada yang mendukung HDMI dan ada yang tidak.
Jika STB yang dipinjamkan, mendukung layanan HDMI, umumnya mempunyai dua interface yaitu HDMI dan RCA. Kita bisa memilih salah satu interface sesuai dengan Televisi / Layar display yang ingin kita koneksikan.
Cara untuk melihat setting gambar, menuju menu pengaturan gambar/suara
Cara Cek Status STB UseeTV


Kita bisa mengganti settingan sesuai dengan interface yang kita gunakan. Pilih PAL jika menggunakan kabel RCA dan jika menggunakan HDMI, pilih 720P atau 1080I.
Cara Cek Status STB UseeTV



Kualitas Video UseeTV
 
Kualitas video dari layanan useetv dipengaruhi oleh banyak hal, tidak sekedar dari kabel yang kita gunakan antara ONT dan STB, diantaranya adalah 'kualitas source video : HDTV atau SDTV, kualitas jaringan serta setting STB dan TV.

6 Comments

  1. Thanks gan atas infonya,sekarang saya tau :D

    BalasHapus
  2. makasih sob tutorialnya, sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  3. Stb sya eror kepencet input controled cara memunculkan input remot controled lg gmn ya.. Soal'a kya hang gitu gk bisa di utak atik. Gk bisa pilih menu di layar monitor krn ada tulisan notifikasi input remot controled

    BalasHapus
  4. wah belum pernah ngalamin yang seperti diatas gan kalo sudah ada solusi tak posting juga :D

    BalasHapus