Cara Cek Status Internet IndiHome (Speedy)

Darimana saya tahu, layanan internet (Speedy) saya baik-baik saja ? 


Jika tidak bisa browsing, jangan terburu-buru untuk lapor 147, siapa tahu problemnya bukan disisi PT Telkom 
Hal yang pertama kali dilihat adalah Cek Status Jaringan . Baru kemudian kita cek status layanan. 

Jika pelanggan tidak meminta, secara default ONT untuk layanan internet (speedy) dikonfigurasi mode 'Router'

Jika menggunakan ONT ZTE F660 , dapat dilihat pada menu : Status - Network Interface




Cara Cek Status Internet IndiHome (Speedy)


Jika status sudah "connected", dengan dilengkapi IP Address Public dan DNS, artinya internet IndiHome bisa digunakan. 
Masih belum yakin ? Kita bisa cek melalui menu : Administration - Diagnostic - Ping Diagnostic 

Cara Cek Status Internet IndiHome (Speedy)


Inputkan salah satu website pada IP Address or Hostname , disini diberikan contoh : www.sledeshare.net , kemudian pilih WAN Connection : omci1_pppoe. Kemudian klik : submit. Hasilnya : jika reply berarti terkoneksi. 

Cara Cek Status Internet IndiHome (Speedy)



Jika menggunakan ONT Huawei HG8245A , dapat dilihat pada menu : status - wan information : 


Cara Cek Status Internet IndiHome (Speedy)


Jika Status sudah 'connected' pada mode PPPoE dan mendapatkan IP Address public, maka koneksi internet sudah berhasil, 


Sudah dapat IP Address Public, belum bisa browsing 


ONT sudah mendapat IP Address untuk layanan Internet (Speedy) namun belum bisa browsing, problemnya bukan di jaringan atau user internet (speedy). Beberapa kemungkinannya adalah : konfigurasi ONT kearah user, konfigurasi PC atau gadget yang digunakan, bisa juga user diisolir.

Konfigurasi ONT kearah user (gadget) bisa berupa : 

  • setting pemilihan port (LAN atau Wifi). Kedua ONT yang dibahas mempunyai LAN1, LAN2, LAN3 dan LAN4 atau wifi (SSID1, SSID2, SSID3 dan SSID4)
  • Setting alokasi IP address PC/Gadget, manual/static atau automatic/dynamic. 
    Sebagai contoh disini : Pada ONT ZTE F660 (versi firmware tertentu), default DHCP pada sebuah SSID, dibatasi 10 user. Walaupun pada setting Wifi, dialokasikan maksimum 32 user, namun user ke 11 tidak mendapat alokasi IP Address secara automatis. Untuk mengatasinya, kita bisa menambah jumlah DHCP client.

2 Comments

  1. bisa kok sobat langsung datang ke Plaza telkom untuk melakukan permohonan pemasangan layanan 1P hanya internet

    BalasHapus