Tidak Bisa Pasang Layanan Indihome dirumah? Ini Penyebab dan Solusinya

PAKET INDIHOME | Tidak Bisa Pasang Layanan Indihome dirumah? Ini Penyebab dan Solusinya - mungkin salah satu dari sobat pembaca pernah mengalami hal ini, yaitu ketika sobat ingin berlanggan layanan INDIHOME dari Telkom namun belum bisa dilayani karena belum ada jaringan atau kotak pembagi (ODP) sudah full. Walau sebenarnya, jaringan fiber optik sudah melintas di tepi jalan depan rumah serta ada kotak pembagi (ODP) di tepi jalan di dekat rumah Sobat serta tetangga kiri serta kanan Sobat barusan sekitar minggu yang lalu dapat dipasang IndiHome. Kenapa ?
Paket Indihome - Tidak Bisa Pasang Layanan Indihome dirumah? Ini Penyebab dan Solusinya

Penyebab Pemasangan Layanan INDIHOME belum bisa dilayani

Asumsinya memang ada jaringan serat optik, tinggal menarik Kabel (drop cable) dari Kotak pembagi (ODP - Optik Distribution Point) ke rumah sebab letak ODP yang dekat dengan rumah sobat. Tapi nyatanya tidak selamanya dapat dikerjakan sebab Keterbasan Kapasitas dalam satu Kotak pembagi indihome atau yang biasa disebut ODP (Optic Distribution Point).

FTTH pada umumnya, untuk melayani Indihome di satu rumah, satu Kotak pembagi jaringan Optik ODP dipakai untuk melayani 8 konsumen. Ada pula yang dipakai untuk 16 konsumen. Saya asumsikan , ODP yang didekat rumah pak Andi memiliki kemampuan 8 serta ke delapan port ODP telah dipakai hingga keinginan pak Burhan untuk pasang IndiHome belumlah dapat dilayani... karena itulah para petugas atau Teknisi INDIHOME menjelaskan ke calon pelanggan bahwa tidak ada jaringan.

Solusi Pasang Layanan INDIHOME ketika ODP atau Kotak pembagi sudah Penuh

1. Solusi Pertama Dengan Penambahan Splitter di ODP

Dapat dengan Penambahan Pasif splitter 1:2 pada Kotak Pembagi atau ODP. Dengan prasyarat, power atau RX level yang direrima oleh ONT sesudah ditambahkan splitter masih tetap sesuai dengan standar. Akan tetapi bila menyebabkan power receive sangat kecil, semestinya perihal ini tidak dikerjakan. Sebab menambahkan splitter 1:2 akan meningkatkan redaman s/d 3,7 dB. Ini adalah jalan keluar cepat untuk memecahkan masalah kapasitas pada ODP, akan tetapi mesti waspada supaya tidak menyebabkan masalah. 

Power yang di terima oleh ONT dan redaman yang berlangsung pada OLT serta ONT bisa diukur lewat OLT (backroom/ petugas konfigurasi logic) Telkom dengan ambil contoh salah satunya ONT yang tersambung ke ODP itu.

2. Pilihan Jalan keluar 2 : 

Memberikan kemampuan ODP , dengan meningkatkan 1 core fiber distribusi. Perihal ini bergantung pada kemampuan Jaringan Distribusi yang masih tetap idle/ belumlah dipakai. Untuk meningkatkan kemampuan ODP, dari 8 jadi 16, memerlukan satu core serat optik pada kabel distribusi. Dari satu core serat optik bisa displit jadi 8. 

Begitupun bila ingin memberikan satu ODP, butuh dilihat apa masih tetap ada core yang belum juga dipakai. 

3. Pilihan Jalan keluar 3 : 

Bila core dalam kabel distribusi telah dipakai semua, jalan keluarnya ialah meningkatkan kabel distribusi. Serta peluang yang ini tidak selekasnya dapat terlayani

nah itulah sobat Solusi bagi yang belum bisa menikmati layanan indihome dari telkom, semoga artikel tentang Tidak Bisa Pasang Layanan Indihome dirumah? Ini Penyebab dan Solusinya bisa bermanfaat bagi seluruh sobat pembaca sampai jumpa diartikel berikutnya

Comments

  1. Terima kasih atas informasi terbarunya,,

    untuk mengupdate daftar harga Paket Internet dan TV Kabel terbaru

    Daftar Harga Promo Indihome terbaru

    Daftar Harga Promo MNC Play terbaru

    Daftar Harga Promo First Media terbaru


    Semoga Membantu :)
    jasa-pasang.com

    BalasHapus